Sunday, June 5, 2011

Karakter cowok dan karakter cewek [perbedaan]


Pola Berpikir 
Cara pandang dalam otaknya cowok cenderung didasari pada sebuah fakta, sementara cewek lebih cenderung hal-hal konsep dan jalinan hubungan. Semangat cewek sama halnya dengan sistem kereta api bawah tanah, yaitu saling berhubungan, sedangkan semangat cowok seperti kapal di atas lautan yang berlayar dari titik A menuju titik B.

Hal Memerintah 
Cowok itu cenderung lebih tegas, sementara cewek lebih halus tetapi dengan penekanan di akhir kalimat. Di satu sisi mereka berusaha mempertahankan keharmonisan, tetapi di sisi lain mereka memberi penekanan seperti kata-kata yang diucapkan di akhir kalimat seperti, “Kamu bisa, kan?”

Pemilahan 
Cowok dapat bekerja sama dengan orang yang tidak disukainya. Cewek pada umumnya sulit untuk dapat bekerja sama dengan orang yang tidak disukainya. Hal ini dikarenakan cowok dapat memilah-milah, “Pekerjaan, ya, pekerjaan.” Sebaliknya, cewek dalam melakukan sesuatu selalu menghubungkan hal satu dan lainnya. Contohnya, bisa saja terjadi mereka tidak dapat bekerja dengan si X yang sering bercanda dengan cara tidak sopan.

Mengekspresikan Perasaan 
Bila seorang cowok ingin mengutarakan perasaannya, mereka akan membicarakannya kepada istri atau kekasihnya. Paling tidak, pada orang terdekatnya. Sementara cewek dapat mengutarakan perasaannya kepada siapa saja, tidak selalu kepada orang yang dekat dengannya, baik kepada teman sekerja ataupun kepada sesama cewek yang sama-sama sedang mengantre di kasir. Bahkan kepada dokter dan tukang potong rambut pun mereka bisa bercerita dengan bebas.

Pendekatan Saat Ada Masalah 
Saat menghadapi masalah, cowok akan berpikir untuk mencari jalan keluarnya. Bagi cewek, tidak cukup hanya dengan memikirkan permasalahan yang dihadapi. Cewek memerlukan seseorang untuk mendengarkan keluhannya walaupun orang tersebut tidak selalu harus memberi solusi. Cowok memerlukan solusi. Cowok senang memecahkan permasalahan, tidak hanya membicarakannya.

Tujuan 
Baik cowok maupun cewek ingin mencapai tujuannya, tetapi masing-masing punya cara yang berbeda. Cowok cenderung memfokuskan hasil akhir dan tertarik pada cara pencapaian usaha. Cewek lebih memfokuskan pada pencapaian sasaran dan cenderung untuk mempertimbangkan penilaian orang lain. Bila di dalam suatu rapat terdapat dua orang cowok yang saling berdebat dengan serunya, maka hal itu tidak berarti mereka saling membenci.

Komentar 
Cowok dapat memberikan komentar secara terus terang dan memotong pembicaraan orang lain bila ingin berkomentar, sementara cewek cenderung lebih peka dan berhati-hati. Oleh karena itu, bila Anda meminta pendapat kepada rekan cowok, mereka akan langsung memberikan pendapatnya. Bila Anda tidak suka dan marah pada kejujuran mereka, sulit bagi mereka untuk dapat mengerti reaksi Anda. Jangan lupa, pendapat yang mereka berikan memang merupakan pendapat yang bukan ditujukan kepada pribadi karena pada dasarnya mereka tidak bermaksud untuk menyerang secara pribadi.

Mengajukan Pertanyaan 
Cowok jarang mengajukan pertanyaan. Dan bila mereka bertanya, biasanya untuk mendapatkan informasi. Cewek sering mengajukan pertanyaan tetapi untuk dua alasan, yaitu untuk memperoleh informasi dan untuk menjaga jalinan suatu hubungan. Itulah sebabnya cewek sering mengajukan pertanyaan yang sebetulnya jawabannya telah mereka ketahui.

Cara Menelepon 
Pada umumnya cowok berbicara lebih singkat di telepon. Sebaliknya, cewek senang mengobrol.






Share this history on :